Skip to main content

Belajar membuat koneksi database untuk register [php & SQL]

Hello coders!!

Today we are going to do such small thing but has awesome power in your code! 

Jadi hari ini kita bakal belajar bagaimana cara membuat koneksi antara codingan php yang sudah kita susun dengan Synatx Query Language atau yang di sebut dengan SQL. SQL disini kita akan menggunakan MySQL yang akan dipermudah oleh phpmyadmin. Bagi teman - teman atau kalian yang belum tahu seperti apa melakukan installasi phpmyadmin di android kalian masing - masing kalian bisa kunjungi link berikut Belajar membuat database untuk login dan register dan mempelajarinya dengn seksama supaya bisa lebih hebat dari saya tentunya. 

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai SQL alangkah baiknya kita pelajari dulu seperti apa manfaat SQL untuk php dan manfaat phpmyadmin dengan SQL dan php, serta bagaimana cara mereka melakukan transaksi dan saling memahami antara satu platform dengan platform lainnya. 

Kenapa kita harus pelajari SQL dan phpmyadmin? Karena kita akan belajar memahami dan menggunakan bahasa query syntax pada php sehingga kita akan mudah menggabungkan keduanya. 

Kapan kita harus menggunakan SQL dan PHPMyadmin? Kita akan menggunakannya ketika kita akan bekerja dengan website dinamis. Apa itu dinamis? Nanti kita bahas di postingan selanjutnya atau baca disini. 

Saya masih belum ngerti dan paham apa yang sedang kita bahas. Yang sedang kita bahas adalah sebuah jembatan menuju database dan yang menjembatani antara kode php yang kita susun dengan database. 

Jadi begini, saat kita bicara tentang database, pasti kita akan berbicara tentang data yang besar dan banyak, namanya juga base (pusat) bisa jadi besar dan bisa juga kecil tergantung pada jumlah data yang ada pada database itu sendiri. Saat seseorang membuat database sudah pasti ada yang harus disimpan, dan dikeluarkan, untuk perubahan dan pengarsipan. Pada umumnya setiap data yang ada pada database harus terdapat alur atau proses bagaimana data itu tersimpan, baik secara langsung (direct) atau menggunakan antar muka (interface). Karena pada kali ini kita membahas database untuk website maka kita akan menggunakan website sebagai interface untuk mengelola data. 

CRUD Database dengan php MySQL.
Apa itu CRUD? Merupakan sebuah kependekan dari Create, Read, Update, dan Delete. Dimana masing - masing memiliki fungsi tersendiri. Create digunakan untuk membuat data dengan cara memasukkan sejumlah data pada field yang telah ditentukan oleh pengguna atau web master. Read berfungsi untuk menampilkan data dari database ke interface atau istilah lainnya untuk menampilkam data ke web. Update digunakan untuk melakukan update data atau perubahan data melalui interface atau web dengan menggunakan bahasa query. Delete digunakan untuk melakukan drop atau hapus data dari database dengan menggunakan database. 

Membuat koneksi dengan php dan MySQL. 
Untuk dapat melakukan koneksi ke database sebetulnya langkahnya cukup mudah, yaitu dengan membuat file koneksi seperti di bawah ini. 

Demikian tutorial kali ini, mohon doanya, semoga saya lekas bisa beli laptop, supaya materinya cepet saya tambah. 

Comments

Popular posts from this blog

Pelajar dan Internet

Pelajar dan Internet  Pelajar adalah salah satu tolak ukur kemajuan suatu negara dimata dunia, internet adalah salah satu media informasi yang bersifat global, setiap orang dari berbagai penjuru dunia dapat mengaksesnya, seiring kemajuan Ilmu Teknologi maka semua kegiatan yang ada di real world harus disangkut pautkan dengan penggunaan IT, dan sekarang sudah dimulai dengan diperkenalkannya kepada pelajar SMP di Indonesia,

Top 10 Lagu Air Supply terbaik bagiku dari Internet

Top 10 Air supply Air supply band asal luar negeri (Australia) yang berdiri pada tahun 1975 dan selama 4 tahun mereka melakukan promosi album-albumnya kini masih sering diputar oleh sebagian orang-orang yang menyukai lagu melow termasuk para pengguna Internet yang mungkin pada hafal akan lagu-lagu dari air supply. Air Supply sudah banyak mengeluarkan album namun sayangnya pada era saya, saya hanya mampu membaca dan memahami apa yang mereka nyanyikan melalui susunan liriknya yang memang bisa menyentuh. Berikut 10 lagu Air supply yang saya koleksi di komputer saya, dan pada saat saya melakukan posting pun, "Where did the feeling go" menemani saya, yang sengaja saya putar melalui jaringan internet yakni di youtube. 

Belajar PHP dasar untuk pemula

PHP dasar merupakan langkah awal yang wajib untuk dipelajari oleh semua para calon developer khususnya di bidang web programming yang berbasis server-side. PHP merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memberikan kebebasan para developer untuk mengekspresikan pengembangan sistem informasi. Bagi kamu yang masih baru belajar PHP Dasar, kamu sudah cocok dan berada di tempat yang pas.  Apa saja yang perlu diketahui seseorang yang baru belajar pemrograman PHP? Simak detailnya berikut ini! 1. Hello World App Hello world app merupakan permulaan paling awal untuk mempelajari setiap bahasa pemrograman, kenapa karena dengan menggunakan hello world app, kita bisa mengetahui bagaimana code yang kita susun ditampilkan. Khusus pada bahasa pemrograman PHP tentunya berbeda dengaan yang lain bagaimana cara kita untuk menampilkan hasil dari penulisan kode kita. PHP sendiri memiliki 2 cara untuk menampilkan hasil penulisan kode, yaitu dengan cara menambahkan kode echo atau menggunakan fungsi kode