Skip to main content

Istilah Istilah di Internet

Istilah-istilah di Internet


Internet merupakan dunia yang memiliki tempat terluas dan penduduk yang banyak sehingga tidak terbatas, bayi-bayi di internet kisaran usia 6 s/d 12 tahun, beda halnya dengan bayi yang ada di real world (dunia nyata). jika di real world memiliki singkatan dan istilah-istilah bahasa yang digunakan maka virtual world (internet) pun tidak kalah lebih seru singkatan-singkatan dan istilah yang dimiliki oleh real world (dunia nyata), berikut ringkasan tentang istilah-istilah di Internet.

Isitlah istilah di Internet
Senggolbacok 2012



  • IP
IP adalah kepanjangan dari Internet Protocol dimana IP adalah 4 kelompok nomor unik dalam setiap kelompok terdiri dari 3 nomor dan dipisahkan oleh titik atau dot, untuk contoh biasanya IP berbentuk 202.202.202.202, IP digunakan untuk pengalamatan sebuah situs atau web.
  • Port 
Port adalah bagian dari IP ibarat pasangan username dengan password username sama dengan IP dan port sama dengan password, port biasanya terbentuk dari 2 s/d 4 nomor, contoh IP dan Port 202.022.012.020 (IP) 8080 (port).
  • Http
Http kepanjangan dari Hyper Text Transfer Protocol biasanya ditempatkan pada awal sebuah pengalamatan sebuah situs, biasanya digunakan untuk akses antara situs dengan server.
  • www
www adalah kepanjangan dari world wide web digunakan untuk mengidentifikasi suatu ruang informasi www adalah kumpulan server web di seluruh dunia yang memiliki fungsi menyediakan data dan informasi. 
  • Domian name / DNS
DNS (Domain Name System) Domain name adalah sebuah nama unik dalam pengalamatan website atau situs, biasanya domain disesuaikan dengan pemilik domain itu sendiri contoh domain antara lain > interconnection-networking.blogspot.com <.
  • Hosting
Hosting adalah tempat dimana pengguna internet bisa melakukan penyimpanan file atau data secara bebas karena hosting merupakan sebuah server. 
  • Server
Server adalah sebuah tempat penyimpanan, pengontrolan dan pemberian serta pembagi informasi bagi pengguna internet server biasanya memiliki pasangan yakni client.
  • Client
Client adalah penerima data dari server biasanya client ini berbentuk sebuah perangkat keras atau alamat IP yang secara terbatas dapat mengakses data dari sebuah server, tergantung dari kebijakan server itu sendiri. 
  • URL
URL kepanjangan dari Uniform Resources Locator yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet, URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Waring Wera Wanua atau World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas. source here
  • HTML
HTML  adalah kepanjangan dari Hyper Text Markup Language adalah sebuah pengkodean untuk pembuatan sebuah halaman situs, dengan berisi gambar, suara, dan informasi. untuk dapat mempelajarinya silahkan masuk kesini www.w3school.com
  • Search Engine
Search Engine adalah mesin pencari digunakan ketika orang-orang mencari data atau kebutuhan file untuk mendownload, search engine terbesar adalah Google. cara mencari data di Internet adalah dengan memasukkan kata kunci (keyword) pada kotak search engine yang sudah disediakan. 
  • Download
Download adalah proses penyimpanan data atau file dari Internet (server) ke komputer pribadi (client). Sebelum mendownload terlebih dahulu kita ketahui apakah data yang akan kita download sudah ada di server dengan cara menggunakan search engine. 
  • Upload
Upload adalah proses penyimpanan file dari komputer pribadi (client) ke Internet (Server) dengan menggunakan fungsi hosting baik yang gratis (free) atau yang berbayar (premium), seseroang melakukan upload data biasanya untuk kebutuhan Download.
  • Posting
Posting adalah kegiatan melakukan pengeposan tulisan, data, file atau yang lainnya, dengan kata lain posting adalah melakukan atau meninggalkan sesuatu di halaman Internet
  • Chat
Chat atau Chatting adalah kegiatan yang dilakukan di Internet dengan teman atau orang lain yang tidak satu tempat, chat adalah kegiatan interaksi dengan menggunakan tulisan, chat baik untuk pengguna internet yang sedang belajar. 
  •  Flood 
Flood adalah kegiatan yang dilakukan untuk membuat internet (server) down karena flood adalah mengirimkan sesuatu baik itu file, tulisan atau data dengan cepat dalam waktu yang sangat cepat, misalnya dalam satu detik kita berhasil mengirim data sebesar 10 kb, dan 10 kb tadi kita kirim secara terus menerus.

    Comments

    Post a Comment

    Popular posts from this blog

    Pelajar dan Internet

    Pelajar dan Internet  Pelajar adalah salah satu tolak ukur kemajuan suatu negara dimata dunia, internet adalah salah satu media informasi yang bersifat global, setiap orang dari berbagai penjuru dunia dapat mengaksesnya, seiring kemajuan Ilmu Teknologi maka semua kegiatan yang ada di real world harus disangkut pautkan dengan penggunaan IT, dan sekarang sudah dimulai dengan diperkenalkannya kepada pelajar SMP di Indonesia,

    Top 10 Lagu Air Supply terbaik bagiku dari Internet

    Top 10 Air supply Air supply band asal luar negeri (Australia) yang berdiri pada tahun 1975 dan selama 4 tahun mereka melakukan promosi album-albumnya kini masih sering diputar oleh sebagian orang-orang yang menyukai lagu melow termasuk para pengguna Internet yang mungkin pada hafal akan lagu-lagu dari air supply. Air Supply sudah banyak mengeluarkan album namun sayangnya pada era saya, saya hanya mampu membaca dan memahami apa yang mereka nyanyikan melalui susunan liriknya yang memang bisa menyentuh. Berikut 10 lagu Air supply yang saya koleksi di komputer saya, dan pada saat saya melakukan posting pun, "Where did the feeling go" menemani saya, yang sengaja saya putar melalui jaringan internet yakni di youtube. 

    Belajar PHP dasar untuk pemula

    PHP dasar merupakan langkah awal yang wajib untuk dipelajari oleh semua para calon developer khususnya di bidang web programming yang berbasis server-side. PHP merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memberikan kebebasan para developer untuk mengekspresikan pengembangan sistem informasi. Bagi kamu yang masih baru belajar PHP Dasar, kamu sudah cocok dan berada di tempat yang pas.  Apa saja yang perlu diketahui seseorang yang baru belajar pemrograman PHP? Simak detailnya berikut ini! 1. Hello World App Hello world app merupakan permulaan paling awal untuk mempelajari setiap bahasa pemrograman, kenapa karena dengan menggunakan hello world app, kita bisa mengetahui bagaimana code yang kita susun ditampilkan. Khusus pada bahasa pemrograman PHP tentunya berbeda dengaan yang lain bagaimana cara kita untuk menampilkan hasil dari penulisan kode kita. PHP sendiri memiliki 2 cara untuk menampilkan hasil penulisan kode, yaitu dengan cara menambahkan kode echo atau menggunakan fungsi kode