Skip to main content

Interconnection-networking: Pentingnya internet bagi pelajar di jaman milenial

Hubungan antara pelajar dengan internet di masa kini seperti darah dan tubuh. Dimana darah adalah internet dan tubuh adalah manusia. Internet yang berfungsi sebagai penyalur informasi ini sudah sangat pasti harus dimiliki dan dirasakan manfaatnya oleh setiap pelajar. Karenanya disini akan dibahas beberapa hal yang berhubungan internet dan pelajar.




#Pelajar Wajib Mampu Menggunakan Internet
Mengingat pentingnya internet untuk proses kegiatan belajar mengajar generasi milenial, maka perlu diingatkan kembali bahwa pelajar di masa milenial mampu menggunakan internet dengan baik. Positive internet dan negative internet juga harus dijelaskan kepada genrasi milenial, supaya penggunaan internet tidak disalah gunakan. Tidak dapat dipungkiri bahwa 3 dari 10 pelajar di Indonesia ada yang masih mampu menggunakan internet. Kenapa harus wajib pelajar mampu menggunakan internet? Karena dengan internet pelajar akan mampu berekpresi sesuai dengan apa yang diharapkannya. Selain dari pada itu pelajar yang mampu menggunakan internet akan mampu memperkaya materi yang diajarkan oleh bapak atau ibu gurunya di sekolah.


#Pelajar Pengguna Internet Lebih Up-to-date
Besar kemungkinan kemajuan terhadap pelajar yang menggunakan internet dengan bijak. Penggunaan sosial media dan langgananan kanal – kanal yang menurutnya bermanfaat akan menambah pengetahuannya. Bagi beberapa pelajar yang memiliki pemikiran yang luas dalam pembelajaran biasanya mereka tidak cukup diam, melainkan akan membantu teman – temannya dengan menyuguhkan bacaan – bacaan yang memang mampu di konsumsi oleh teman – temannya. Sehingga mereka bisa berbagi dengan bahasanya sendiri. Yang pastinya saat mereka sudah menggunakan internet mereka akan lebih up-to-date tentang segala hal termasuk konsumsi sehari – hari seperti berita, gosip dan tawaran – tawaran menarik dari salah satu penyedia informasi yang berlangganan.

#Pelajar Pengguna Internet memiliki nilai lebih unggul dibanding yang lain
Percaya tidak percaya hasil riset TS membuktikan tentang mereka yang mampu menggunakan internet dengan bijak, mampu menembus nilai rata – rata kemampuan siswa yang lain, bahkan ada yang menembus nilai hingga pencapaian nilai maksimal. Mengapa demikian? Alasan yang paling mendasar adalah karena siswa tersebut mampu menggunakan internet dan mengkonsumsinya hanya sebagai bahan pembelajaran. Tidak mudah memang untuk menghindari obrolan – obrolan yang tidak penting yang sifatnya bersenang – senang bersama teman yang lain di salah satu group atau komunitas yang dibuatnya. Kendati demikian, sesungguhnya masih ada pelajar yang memang mampu menggunakan internet dengan bijak.

#Pelajar Pengguna Internet mampu memecahkan masalah yang diberikannya
Beberapa pelajar mungkin akan merasa asing dengan study kasus yang diberikan oleh gurunya, berbeda dengan pelajar yang memang aktif menggunakan internet untuk keperluan belajarnya. Membaca adalah salah satu kunci untuk menjadikan pelajar memiliki pengalaman baru. Tidak menjadi sebuah hal yang sangat rahasia jika soal yang diberikan oleh bapak dan ibu guru di sekolah adalah sebagiannya hasil dari download atau memang soal yang diajarkan sudah pernah ada yang mempublikasikannya di media online seperti internet. Keuntungan bagi pelajar aktif pengguna internet akan dengan sangat mudah mengerjakan soal yang diberikan gurunya.

#Pelajar pengguna internet lebih kreatif dari yang lain
Sadar tidak sadar mereka yang menggunakan internet terkadang mereka berimajinasi terhadap apa yang telah disaksikannya dengan lingkungan sekitarnya, seperti yang sekarang kita lihat, ketika sebuah video menjadi viral, sudah pasti banyak orang yang meniru, begitu juga dengan tulisan dan atau mungkin dengan sebuah poster bisa juga dengan menyaksikan sebuah film atau tutorial. Tidak sedikit dari mereka melakukan eksperimen dari hasil tontonannya dalam kehidupan nyata si pelajar tersebut,  sampai ia mampu melakukannya dan menceritakan kepada temannya.

#Pelajar pengguna Internet terlihat nampak lebih cerdas
Kecerdasan tidak bisa selalu dikaitkan dengan angka yang tertulis pada lembar ulangan atau buku raport. Kecerdasan itu sendiri adalah sebuah pemikiran bukan sebuah angka meskipun sama – sama memiliki nilai. Pelajar yang mampu menggunakan internet akan terlihat nampak lebih cerdas dibanding yang lain, karena setidaknya ia pernah melihat atau mendengar dan atau membacanya, meskipun terkadang ada beberapa bagian yang mereka lupakan dari apa yang mereka saksikan atau baca atau dengarkan itu. Namun, tetap tidak menghilangkan rasa kekaguman terhadap guru yang sedang bersama mereka saat itu, yang pastinya meyakini bahwa pelajar yang lebih banyak mampu menjawab pertanyaan yang diajukan gurunya sudah pasti pelajar tersebut dikategorikan sebagai pelajar yang layak mendapatkan penghargaan seperti ranking.

#Pelajar pengguna internet mampu menciptakan lapangan kerja sebelum lulus
Tidak sedikit dari para pelajar yang mencoba berusaha mengumpulkan pundi – pundi rupiah dari internet, entah itu dengan cara menyediakan konten pada youtube.com atau membuat tulisan pada laman blogger.com atau berafiliasi dengan perusahaan – perusahaan terbesar yang ada di dunia. Yang lebih mencolok terjadi sekarang adalah pelajar mampu memanfaatkan perusahaan – perusahaan kirim – kirim dengan baik, dengan menjual beberapa produk yang dibelinya dari orang lain atau dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper.

Dari kesekian banyak pelajar yang mampu menggunakan  internet akhirnya mereka menemukan jawaban sebenarnya tentang apa manfaat internet bagi pelajar.

Comments

Popular posts from this blog

Pelajar dan Internet

Pelajar dan Internet  Pelajar adalah salah satu tolak ukur kemajuan suatu negara dimata dunia, internet adalah salah satu media informasi yang bersifat global, setiap orang dari berbagai penjuru dunia dapat mengaksesnya, seiring kemajuan Ilmu Teknologi maka semua kegiatan yang ada di real world harus disangkut pautkan dengan penggunaan IT, dan sekarang sudah dimulai dengan diperkenalkannya kepada pelajar SMP di Indonesia,

Top 10 Lagu Air Supply terbaik bagiku dari Internet

Top 10 Air supply Air supply band asal luar negeri (Australia) yang berdiri pada tahun 1975 dan selama 4 tahun mereka melakukan promosi album-albumnya kini masih sering diputar oleh sebagian orang-orang yang menyukai lagu melow termasuk para pengguna Internet yang mungkin pada hafal akan lagu-lagu dari air supply. Air Supply sudah banyak mengeluarkan album namun sayangnya pada era saya, saya hanya mampu membaca dan memahami apa yang mereka nyanyikan melalui susunan liriknya yang memang bisa menyentuh. Berikut 10 lagu Air supply yang saya koleksi di komputer saya, dan pada saat saya melakukan posting pun, "Where did the feeling go" menemani saya, yang sengaja saya putar melalui jaringan internet yakni di youtube. 

Belajar PHP dasar untuk pemula

PHP dasar merupakan langkah awal yang wajib untuk dipelajari oleh semua para calon developer khususnya di bidang web programming yang berbasis server-side. PHP merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memberikan kebebasan para developer untuk mengekspresikan pengembangan sistem informasi. Bagi kamu yang masih baru belajar PHP Dasar, kamu sudah cocok dan berada di tempat yang pas.  Apa saja yang perlu diketahui seseorang yang baru belajar pemrograman PHP? Simak detailnya berikut ini! 1. Hello World App Hello world app merupakan permulaan paling awal untuk mempelajari setiap bahasa pemrograman, kenapa karena dengan menggunakan hello world app, kita bisa mengetahui bagaimana code yang kita susun ditampilkan. Khusus pada bahasa pemrograman PHP tentunya berbeda dengaan yang lain bagaimana cara kita untuk menampilkan hasil dari penulisan kode kita. PHP sendiri memiliki 2 cara untuk menampilkan hasil penulisan kode, yaitu dengan cara menambahkan kode echo atau menggunakan fungsi kode